Selasa, 07 Juni 2011

ANALISIS KELOMPOK (CLUSTER ANALYSIS)

Analisis cluster merupakan suatu teknik analisis multivariat yang  ditujukan untuk membuat klasifikasi individu-individu atau obyek-obyek kedalam kelompok-kelompok lebih kecil yang berbeda satu dengan yang lain. Sehingga obyek yang berada dalam kelompok yang sama relatif lebih homogen daripada obyek yang berada pada kelompok yang berbeda. Analisis Cluster termasuk dalam analisis multivariat metode interdependen. Sebagai alat analisis interdependen, maka tujuan analisis cluster tidak untuk menghubungkan ataupun membedakan dengan sample ataupun variabel yang lain. Analisis cluster merupakan salah satu alat analisis yang berguna dalam meringkas data atau sejumlah variabel untuk menjadi lebih sedikit.

Analisis cluster dapat diterapkan untuk berbagai lahan penelitian seperti berikut ini. Dalam psikologi untuk mengklasifikasikan individu individu kedalam tipe tipe    kepribadian, Dalam Demographi untuk mengklasifikasi kota kota ke dalam tingkat atau topologi berdasarkan variabel demographi tertentu, Dalam ekonomi untuk mengklasifikasikan konsumen ke dalam kelompok kelompok berdasarkan penggunaan dari produk yang di beli.
Sedangkan dalam aplikasi pemasaran, analisis cluster dapat di gunakan untuk :
·         Mengetahui segmentasi dan menentukan target target pasar yang di tuju.
·         Mengetahui positioning produk dan menentukan pengembangan produk baru
·         Memilih pasar yang akan dipilih untuk produk baru perusahaan

Tujuan utama dari analisis gerombol adalah mengelompokkan objek-objek berdasarkan kesamaan karakteristik di antara objek-objek tersebut. Objek tersebut akan diklasifikasikan ke dalam satu atau beberapa cluster (kelompok) sehingga objek-objek yang berada dalam satu cluster akan mempunyai kemiripan satu dengan yang lain. Homogenitas yang tinggi antar anggota dalam cluster (within cluster) dan heterogenitas (perbedaan) yang tinggi antar cluster yang satu dengan yang lainnya (between cluster) merupakan dua hal yang harus dimilikisebuah cluster agar dapat dikatakan cluster itu baik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar