Jumat, 17 Juni 2011

ANALISIS REGRESI

Banyak analisis statistika bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara dua atau lebih peubah. Bila hubungan demikian dapat dinyatakan dalam bentuk rumus matematik, maka kita dapat menggunakannya untuk keperluan peramalan. Seberapa jauh peramalan itu dapat digunakan dan dipercaya, tentu saja bergantung pada keeratan hubungan antara peubah-peubah dalam rumus tersebut.



Persamaan atau rumus matematik yang memungkinkan kita meramalkan nilai peubah disebut dengan persamaan regresi. Persamaan regresi tersusun atas dua buah variabel, yaitu :
1.      Variabel Bebas (Independen)
Biasanya dilambangkan dengan huruf ‘X’, merupakan variabel yang tidak dipengaruhi oleh variabel lain (bebas). Dalam persamaan regresi, variabel bebas mempengaruhi variabel terikat.

2.      Variabel Tak Bebas/Terikat (Dependen)
Biasanya dilambangkan dengan huruf ‘Y’, merupakan variabel yang nilainya dipengaruhi variabel bebas. Dalam praktikum kali ini, akan dijelaskan dua buah jenis analisis regresi, yaitu analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda.

1. Analisis Regresi Linier Sederhana
Analisis regresi linier sederhana digunakan jika hanya terdapat 1 buah variabel bebas yang mempengaruhi 1 buah variabel terikat.

2. Analisis Regresi Linier Berganda
Analisis regresi linier berganda digunakan jika terdapat lebih dari satu variabel bebas yang mempengaruhi 1 buah variabel terikat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar